Kursus Menjahit, Pola Baju, Cara Membuat Baju, Cara Membuat Pola Baju, Cara Menjahit Baju, Cara Menjahit Baju Anak, Pola Baju Anak, Pola Baju Wanita, Kursus Jahit, Bikin Baju Sendiri

Loading...

≈ 7 Jenis Kain Untuk Membuat Gamis

Loading...

Gamis merupakan pakaian muslim wanita yang berasal dari bangsa Timur Tengah (Arab). Jenis busana ini didesain dengan model panjang dan longgar menutupi seluruh badan mulai dari dada sampai mata kaki. Untuk mempercantik busana gamis biasanya ditambahkan hiasan berupa bordir, renda, atau aplikasi manik-manik dari bebatuan alam. Busana ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan jenisnya pun juga sangat beragam seperti gamis Maroko, gamis kaftan, gamis corak India, gamis modern, dan bahkan gamis batik khas Indonesia. Selain jenisnya, bahan kain yang digunakan untuk gamis juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
Kain Satin
Kain satin dapat dikatakan sebagai versi sintesis dari kain sutra yang dibuat dari serat buatan seperti polyester. Salah satu ciri yang paling mencolok dari kain satin adalah permukaannya yang licin dan mengkilap dibagian luar. Bahan satin banyak dipilih untuk membuat gamis terutama gamis pesta karena memberikan kesan glamour, feminim dan anggun kepada penggunanya. 
Gamis
Sumber : http://www.baju-muslim.com/
Kain Katun
Kain katun merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas dan banyak dipilih sebagai bahan pakaian karena memiliki banyak keunggulan diantaranya kainnya terasa dingin, mudah menyerap keringat, nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, tidak mudah kusut, warnanya tidak luntur, dan haranya relatif terjangkau. Sayangnya bahan ini agak sedikit kaku dan rentan terhadap jamur. 
Gamis
Sumber : http://busanaindonesia.com/
Kain Sutra Cina (Icewash)
Kain sutra cina merupakan kain yang dibuat dari sutra yang ditenun secara sederhana. Kain ini memiliki karakteristik ringan meski cukup tebal, sangat lembut dengan permukaan polos dan tidak miliki tekstur. Umumnya bahan ini diproduksi dengan lebar 1.2 meter, namun terdapat pula kain sutra cina yang lebarnya 1.5 meter.
Gamis
Sumber : http://lizaincollection.blogspot.com/

Kain Shantung
Kain shantung merupakan nama lain dari kain rayon yang dikenal dengan sifat kaku namun cukup lembut, halus dan juga dingin. Bahan ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan batik cap dan batik printing, yang diimplementasikan kedalam bentuk bahan sarung pantai, baju tidur, daster, kaos pantai, baju batik dan gamis. Hal ini tidak terlepas dari sifat kain shantung itu sendiri yang dingin dan lembut sehingga cocok digunakan pada cuaca panas. 
Gamis
Sumber : http://gamisterkini.blogspot.com/
Kain Jetblack
Kain jetblack merupakan jenis kain yang memiliki permukaan polos dengan karakteristik ringan, lembut, dingin, dan tidak transparan. Jenis kain ini umumnya diproduksi dengan lebar 1.15 meter dan hanya tersedia dalam satu warna saja yaitu warna hitam. 
Gamis
Sumber : http://moslem-nice-clothing.blogspot.com/
Kain Saudi
Kain saudi merupakan jenis kain yang memiliki karakteristik lebih halus dan dingin jika dibandingkan dengan sutra cina. Kain ini umumnya diproduksi dengan lebar 1.5 meter dan tersedia dalam berbagai variasi warna, diantaranya hitam, hijau toska, coklat tua, pink susu serta ungu tua. 
Gamis
Sumber : http://halumibusanamuslim.blogspot.com/
Kain Serena
Kain serena merupakan jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan padat dengan berat jenis sekitar 0.21 kg/m2 sehingga nyaman dipakai dan dikenal memiliki karakter lembut dan dingin.
Gamis
Sumber : http://www.modernbajumuslim.com/
Semoga bermanfaat.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ≈ 7 Jenis Kain Untuk Membuat Gamis